Review blog nemo-uperp20132.blogspot.co.id

Maret 03, 2017


  
                Akun ini dimiliki oleh seorang mahasiswa dengan nama Rialita Yuliarti. Blog tersebut berisi tentang tugas – tugas perkuliahan ERP di Universitas Pancasila dari mulai perkuliahan awal sampai dengan UAS. Berikut adalah review dari blog tersebut :

                 1. Tugas 1 yaitu berisi tentang aplikasi ERP yang digunakan pada perusahaan tempat Rialita bekerja yaitu PT. Holcim Indonesia Tbk.
Di dalamnya menjelaskan tentang penggunaan aplikasi SAP ERP Central Component dengan versi release 6.0, SP15, November 2008. Penggunaan aplikasi SAP sendiri telah digunakan sejak tahun 2005 dan menurut user lebih banyak memiliki keuntungan dibandingan kekurangannya yaitu :

Keuntungan :

·         Memudahkan untuk mengintegrasikan sistem dan data, karena update cukup sekali dan dapat diketahui langsung secara meluas oleh pihak-pihak yang berkepentingan di perusahaan
·         Memberikan informasi real-time,mengurangi kemungkinan kesalahan.
·         Pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih efisien dan efektif.
Kekurangan :
·         Sedikit rumit dalam penyimpanan data dalam bentuk hard-copy (agak rumit untuk mencetak/print).

2. Tugas 4 ERP yang berisikan mengenai Siklus Akuntansi 
Tugas keempat ini membahas mengenai Siklus Akuntansi. Keterkaitan siklus akuntansi dengan ERP adalah dalam menjalankan proses bisnis di perusahaan, transaksi finansial merupakan hal yang pasti ada dan berkesinambungan dari waktu ke waktu.

Laporan Keuangan adalah hasil akhir dari suatu proses akuntansi, yaitu ekuivalen pengumpulan dan pengolahan data keuangan untuk disajikan dalam bentuk laporan keuangan. Dalam menyusun laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan dapat diterimas secara umum, prinsip prinsip akuntansi,prosedur-prosedur, metode-metode, serta teknik segala sesuatu yang dicakup dalam ruang lingkup akuntansi dinamakan siklus akuntansi.

Siklus Akuntansi penyediaan laporan keuangan perusahaan untuk suatu periode waktu tertentu. Siklus ini dimulai dari terjadinya transaksi, sampai penyiapan laporan keuangan pada akhir suatu periode. Apabila digambarkan, siklus akuntansi dapat dinyatakan sebagai berikut: 
1.                   Transaksi Usaha
2.                   Pembuatan Bukti Asli
3.                   Pencatatan dalam Buku Harian (Jurnal)
4.                   Pencatatan ke Buku Besar dan Buku Tambahan
5.                   Neraca Lajur Penyesuaian
6.                   Laporan Keuangan
7.                   Jurnal Penutup
8.                   Neraca Saldo setelah Penutupan. 

3. Tugas 6 ERP yang berisikan mengenai ara menginstall OpenERP

OpenERP adalah aplikasi open-source guna memanajemen ERP sebuah usaha atau lebih tepatnya ERP sebuah perusahaan. OpenERP memiliki tampilan yang cukup minimalis. Didalamnya tercantunm manajemen penjualan, logistik, akutansi, pemberdayaan pekerja, dan produksi. Dengan sebuah aplikasi OpnERP diharap ERP sebuah perusahaan dapat dijalankan semaksimum mungkin tanpa mengurangi unsur-unsur lain dalam usaha didalamnya

Instalasi OpenERP

                Untuk mengunduh installer aplikasi OpenERP server complete all in one Anda dapat mengunjungi situs OpenERP yaitu www.openerp.com. Di dalamnya ada bundling OpenERP server dan PostgreSQL server.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada file berikut ini Cara Menginstall OpenERP.pdf

You Might Also Like

0 komentar