Review blog brutus-uperp20132.blogspot.co.id

Maret 03, 2017



          Akun ini dimiliki oleh seorang mahasiswa dengan nama Afrianto Wibowo. Blog tersebut berisi tentang tugas – tugas perkuliahan ERP di Universitas Pancasila dari mulai perkuliahan awal sampai dengan UAS. Berikut adalah review dari blog tersebut :


1.       Tugas 1 ERP berisikan tentang pengenalan diri dari mahasiswa tersebut.

Nama                                    : Afrianto Wibowo
NIM                                      : 4412216198
Tempat bekerja                     : PT. Indocement Tunggal Prakarsa. Tbk.
Aplikasi yang digunakan      : e-workflow/intranet
Tahun Penggunaan                : 2005
Modul yang dipakai            : Finansial, Sumber Daya Manusia, Manufaktur, Inventory, Logistik, dan Shipping.
Kelebihan                            : Dapat  membantu  mengontrol  berbagai  aktivitas  bisinis seperti  penjualan,  pengiriman,  penagihan,  produksi,  manajemen  inventori  dan HRM.  ERP  ruang  lingkupnya  meliputi  fungsional  silang  (cross-functional)  dan keseluruhan  perusahaan.
Kekurangan                        : Belum tersedianya sistem pengawasan   armada   pengiriman semen  atau   ready   mix concrete.
Dari   sisi   logistik   di   atas,   dapat   juga   dilakukan   peningkatan pelayanan  kepada  end-user.  Caranya  dengan  membuka  akses  langsung dari konsumen pribadi kepada Indocement.

Pada tugas ini juga menjelaskan mengenai :

a.       tanggung jawab dari Cashier (Accounting and Finance PT. KITA)
b.       Pengertian dari BIZAGI
c.       Pengertian dari ADEMPIERE
d.       Pengertian dari BB Flashback

2.       Tugas 4 berisikan tentang penyelesaian siklus akuntansi

Penyelesaiannya dapat dilihat pada link berikut :


1.       Tugas 5 berisikan tentang tugas kelompok 8 bernama PT Cerdas gembira, PT Cerdas Gembira bergerak dibidang E-Learning yang menjual jasa E-Lerarning kepada perusahaan dan sekolah.

Berikut adalah lampiran tugasnya :

a.    Struktur Organisasi PT Cerdas Gembira, https://www.dropbox.com/s/7kpheabl89u4mf3/Struktur%20Organisasi.pdf

2.       Tugas 6 berisikan tentang bagaimana cara install OpenERP secara localhost menggunakan aplikasi OpenERP dan menggunakan Odoo online.

Berikut merupakan penjelasan bagaimana cara install OpenERP localhost :


3.       Tugas 7 menjelaskan tentang chart of accounting dan bagaiamana cara menyetting COA tersebut. serta bagaimana konfigurasi data perusahaan dari PT Cerdas Gembira

Adapun penjelasan dari tugas 7 diuraikan didalam link berikut ini :

a.    Setting dari Chart Of Accounting, setting COA pertama kali dibuat di excel, lalu data COA yang diexcel diexport kedalam sistem yang ada di moddle accounting di openerp, berikut link excel https://www.dropbox.com/s/yugy93xcjeu4pwr/Chart%20of%20Accounts%20Cerdas%20Gembira.xls
b.    Konfigurasi data dari perusahaan PT Cerdas Gembira. konfigurasi data ini dijelaskan dalam bentuk video, bagaimana cara membuat konfigurasi data didalam openerp. berikut link video, https://www.dropbox.com/s/03qmlrokmmrit1b/Tugas%207_Kelompok%208_Konfigurasi%20Data%20Perusahaan.mp4
c.     Setting Chart Of  Accounting, Setting COA yang sudah dibuat didalam excel lalu diexport kedalam openerp. adapun bagaiamana cara setting COA didalam openerp dijelaskan didalam bentuk video. berikut link video, https://www.dropbox.com/s/cu9txfi7c4kolhl/Tugas%207_Kelompok%208_Setting%20CoA.mp4

4.       Tugas 8 menjelaskan bagaimana cara menggunakan moddle Payroll, Purchasing, Sales Order, General & Ledger. 4 moddle ini dijelaskan bagaiamana cara menggunakannya sampai hasil akhir.

Data yang dimasukkan ialah data transaksi pembelian, penjualan, pengupahan karyawan, dan laporan perusahaan PT Cerdas Gembira. Semua itu dijelaskan dalam bentuk video dan Pdf, berikut link video dan pdf :


5.       Tugas UAS yang menjelaskan mengenai Moddle Sales Order PT. Cerdas Gembira.

Sales Order saya jelaskan bagaimana cara menggunkan moddle Sales sampai dengan akhir produk jadi. Moddle sales tugas uas yang saya jelaskan saya buat dalam format video. adapun link video tersebut :

a.    Video Sales Order Tugas UAS, link https://www.dropbox.com/s/8m2gnmcncmu7ndc/sales%20uas.mp4 

You Might Also Like

0 komentar