Cara Setting e-mail Server pada Odoo

Juni 02, 2017


Haloo! Selamat pagi semua, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai apa itu email server yang ada pada Odoo dan juga cara setting konfigurasi email server pada Odoo. Pertama saya akan menjelaskan dulu mengenai pengertian dari email server Odoo dan macam - macamnya. Selamat menyimak! 

Odoo memiliki modul Messaging yang dapat digunakan untuk beinteraksi antar user internal sesama pengguna sistem aplikasi ini. Disamping itu Odoo juga telah dilengkapi fitur berkomunikasi dengan menggunakan akun email masing - masing user.

Dengan fitur ini user dapat mengirimkan email dan menerima email dengan mudah melalui Odoo tanpa harus menggunakan aplikasi 3rd party lainnya seperti Thunderbird, Outlook dan sebagainya.

Sebelumnya ada 2 konfigurasi untuk membuat Odoo dapat berkomunikasi menggunakan akun email langsung dari Odoo, yaitu :
  1. Incoming Mail Server
    Incoming Mail Server adalah konfigurasi yang dibuat untuk Odoo dapat menerima email dari luar.
  2. Outgoing Mail Server
    Outgoing Mail Server adalah konfigurasi yang dibuat untuk Odoo dapat mengirimkan email keluar.
Pertama, saya akan menjelaskan cara setting konfigurasi mail server. Berikut adalah langkah - langkahnya : 

1. Seperti biasa, buka Odoo sesuai dengan database masing - masing. Kali ini saya akan login di PT. Kaktus Berduri. 

2. Pada halaman utama pilih pada menu Settings yang terletak pada kanan atas. Lalu pillih General Settings, kemudian pilih Alias Domain. 



3. Setelah itu, pilih pada bagian Settings Technical untuk mengkonfigurasi Alias Name untuk masing - masing Users yang akan digunakan. 



Nah, sekarang konfigurasi mail server dari Odoo telah selesai. Langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi Incoming Mail Server dan Outcoming Mail Server

A. Incoming Mail Server

Langkah - langkahnya : 
  • Pilih menu Setting > Technical > Email > Incoming Mail Servers
  • Create record baru dengan memasukan username dan password akun email user / pengguna
  • Silakan cari konfigurasi mail server masing - masing email anda karena kongurasi untuk tiap penyedia layanan berbeda satu dengan lainnya. Contoh diatas saya menggunakan akun Gmail saya dengan konfigurasi sebagai berikut :
      • Name : Gmail (untuk nama ini bebas)
      • Server Type : POP Server (silakan di sesuikan dengan kebutuhan apakah menggunakan POP atau IMAP)
      • Server Name : pop.gmail.com (karena saya menggunakan POP)
      • Port : 995 (default port POP Gmail)
      • SSL/TLS : Enable
      • Username : marioardi94@gmail.com (silakan isi dengan email anda masing - masing)
      • Password : ***** (silakan isi password anda masing - masing.
  • Jika telah selesai silakan Save dan klik tombol Test & Confirm. Jika konfigurasi anda benar maka akan muncul tampilan seperti berikut. 
  • Tombol Fetch Now akan tampil pada pojok kanan atas dan status Confirmed menandakan bahwa konfigurasi Incoming Mail Server telah berhasil dilakukan.
      • Jika muncul pesan error seperti berikut, silakan lakukan konfigurasi pada layanan email masing - masing (Gmail, Yahoo, dll) untuk mengizinkan email diakses melalui POP atau IMAP. 
      • Letak masing - masing menu berbeda tergantung pada layanan email masing - masing.
      • Contoh konfigurasi enable fitur POP dan IMAP pada Gmail
  1. Link User Account to Alias Name Odoo
    • Pilih menu Setting > Users > User > Select User
    • Masukan Messaing Alias dengan Alias Name yang telah dibuat pada langkah sebelumnya pada tab Preference.
B. Outgoing Mail Server

Langkah - langkahnya : 

1. Go to Settings> Email> Outgoing Mail servers dan klik Create.
 

Keterangan: Deskripsi untuk Outgoing Mail Server. 

  • Prioritas: Prioritas server surat Anda. Semakin rendah angka semakin tinggi prioritasnya. Ini berarti bahwa e-mailserver dengan nomor terendah akan digunakan paling banyak. 

  • Server SMTP: Penunjuk ke SMTP server Anda, misalnya smtp.gmail.com. 

  • Port SMTP: Port server SMTP Anda, misalnya port 465 untuk Gmail. Username: Account e-mail anda, dalam contoh ini youremail@gmail.com 

  • Keamanan koneksi: Jenis keamanan. Anda harus memilih SSL / TLS untuk Gmail. Data kemudian dikirim melalui HTTPS. Password: Kata sandi akun e-mail Anda. 

2. Sekarang save dan coba jalankan, Odoo akan mengirim semua e-mail Anda dari Odoo ke orang yang ingin Anda kirimi e-mail.

Sekian postingan saya kali ini, sampai jumpa di postingan selanjutnya!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Apakah sudah dichek, sukses dalam menerima dan mengirim email ? Kalau belum silakan chek dan sertakan SS. Silakan tambahi hasil email dan ss

    BalasHapus