Cara Restore dan Backup Database pada Odoo

Juni 02, 2017


Halo semua! Kali ini saya akan memposting tugas lainnya yaitu mengenai cara Back Up dan Restore Database pada Odoo melalui PgAdmin dan juga melalui Command Line Postgree SQL. Sebenarnya ada 3 cara untuk dapat membackup dan merestore Database pada Odoo. Cara lainnya yakni dengan menggunakan GUI dari Odoo itu sendiri. Cara Backup dan Restore Database melalui GUI pada Odoo bisa dilakukan dengan masuk ke server Odoo yang kalian gunakan lalu pilih pada menu Database Manager. Di dalam Database Manager sudah ada pilihan menu Back Up dan Restore sendiri dan sangat mudah untuk dijalankan.

Sekarang saya akan menjelaskan mengenai langkah - langkah dari Back Up dan Restore Database pada Odoo. Selamat membaca!

A. Back Up dan Restore Database pada Odoo melalui PgAdmin III


  1. Buka aplikasi PgAdmin kalian, lalu pilih pada salah satu Database pada Odoo yang ingin di Back Up dan juga di Restore. 
  2. Klik kanan pada Database yang telah dipilih lalu pilih menu Back Up untuk membackup database pada Odoo.
  3. Setelah itu kalian akan diarahkan ke halaman seperti berikut dan langkah selanjutnya adalah isikan Filename sesuai dengan yang diinginkan dan juga pada bagian Format pilih Tar.
  4. Setelah itu klik Back Up dan selesai. 
  5. Selanjutnya jika ingin merestore Database yang ada pada Odoo adalah dengan memilih menu Restore yang bisa kalian temukan dengan cara klik kanan pada Database Odoo yang ingin direstore. Jika belum ada Databasenya maka buatlah sebuah Database baru. 
  6. Selanjutnya kalian akan diarahkan ke laman Restore. Disini kalian dapat memilih file backup sebelumnya untuk dapat di Restore
  7. Setelah itu klik Restore dan selesai. 
B. Back Up dan Restore Database pada Odoo melalui Command Line Postgree SQL. 
  1. Buka Command Prompt lalu masuklah ke direktori bin tempat kalian menginstall Postgree SQL dengan menggunakan command cd.
  2. Masukkan command berikut : <br/> pg_dump -U namaUser namaDatabase & gt; lokasiFileSql<br/> . Kemudian tekan enter dan masukan Username dan Passwordnya. 
  3. Sekarang cobalah file SQL hasil backup di lokasi yang sudah kalian tentukan sendiri. 
  4. Dan inilah cara backup Database pada Odoo melalui Command Line Postgree SQL
  5. Selanjutnya cara merestore Database pada Odoo melalui Command Line PostgreeSQL. Masukkan script berikut ni dalam command prompt seperti pada backup tadi. <br /> psql -U postgres -d namaDatabaseTujuan &lt; lokasiFileBackup<br /> . Tekan enter dan masukkan Password dan Username tersebut.
  6. Selesai. 
Demikian postingan saya kali ini mengenai cara Back Up dan Restore Database pada Odoo. Sekian dan sampai jumpa di postingan selanjutnya! 

You Might Also Like

1 komentar

  1. Bagus. Masih kurang satu lagi caranya, dengan menambah modul atau add khusus Odoo. Silakan lihat info di channel

    BalasHapus